Senin, 30-12-2024
  • UJIAN SUMATIF AKHIR SEMESTER MULAI 28 NOVEMBER SAMPAI 5 DESEMBER 2024, AYO BELAJAR DAN BELAJAR. SEMOGA SUKSES

Modul P5 Topik TREND BULLYING DIKALANGAN REMAJA

Diterbitkan : - Kategori : P5

TEMA “BANGUNLAH JIWA DAN RAGANYA”

TREND BULLYING DIKALANGAN REMAJA

GAMBARAN PROJEK PROFIL

Permasalahan Terkait Topik Projek Profil

Masa usia SMP adalah usia yang sangat rentan bagi peserta didik. Terutama pada peserta didik di fase D, dengan tingkat pertumbuhan fisik dan psikis yang berbeda-beda. Pengaruh teman sejawat dan lingkungan yang cenderung membentuk peserta didik berkelompok-kelompok yang mempunyai pandangan yang sama atau dengan kata lain “gank.”

Kelompok-kelompok inilah yang salah satunya menjadi cikal bakal terjadinya bullying di sekolah, karena ada kelompok yang merasa kuat dan kelompok yang lemah. Selain itu seiring dengan pesatnya Teknologi Informasi dan Komunikasi, peserta didik kita saat ini masuk sebagai Generasi Z yang menerima arus informasi secara cepat melalui media sosial yang juga marak dengan adanya cyber bulying.

Sebagai pendidik harus tanggap dengan fenomena terjadinya bulying di lingkungan sekolah dan memikirkan suatu kegiatan yang dapat mencegah terjadinya bullying. Kegiatan yang paling sesuai adalah Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang mengambil topik “Trend Bullying di Kalangan Remaja.”

Deskripsi Modul

Modul projek ini mengambil topik “Trend Bullying di Kalangan Remaja”. Tujuan projek ini adalah menguatkan peserta didik dalam menghadapi perundungan (bullying) terutama di lingkungan sekitarnya. Jika dikaitkan dengan tema “Bangunlah Jiwa dan raganya” dalam hal ini peserta didik akan diberikan pengalaman dalam melakukan penelitian dan mendiskusikan masalah- masalah terkait perundungan (bullying), serta berupaya mencari jalan keluarnya dengan menggunakan modul projek ini dengan menyesuaikan atau mengadaptasi tahapan aktivitas yang dilakukan.

Terdapat 4 tahapan dengan total durasi waktu kurang lebih 120 JP. Dalam beraktivitas, penguatan berfokus pada Profil Pelajar Pancasila pada dimensi Bernalar Kritis, Kreatif, dan gotong royong. Selain itu juga membekali peserta didik dengan pengetahuan, keterampilan, dan etika. Pendidik dan sekolah bebas menyesuaikan konten, jumlah aktivitas, dan alokasi waktu, sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan sekolah.

Tujuan Projek

  1. Peserta didik diharapkan mampu mengidentifikasi permasalahan bullying, mencari solusi mengatasi bullying, dan menumbuhkan empati terhadap korban bullying yang terjadi di lingkungannya.
  2. Peserta didik dapat mengembangkan kemampuan bernalar kritis, kreatif, dan gotong royong sesuai dengan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Download Modul P5 selengkapnya melalui tautan berikut

MODUL P5 TEMA BANGUNLAH JIWA RAGA SPENSIX 2024

MODUL P5 TEMA BANGUNLAH JIWA RAGA

Tag :

0 Komentar

Beri Komentar

Balasan

Silahkan masuk untuk bisa menulis komentar.

Post Terkait